9.16.2014

Cara menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan


Cara menurunkan berat badan ada banyak macamnya sesuai dengan keinginan tanpa harus memaksakan diri. salah satunya air putih dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. berdasarkan temuan para ilmuwan Virginia Tech in Blacksburg Amerika, minum air putih sebelum makan adalah cara terbaik untuk menahan nafsu makan dan mengurangi beberapa pon dari berat semula.

Pertanyaannya adalah benarkah air putih memiliki kemampuan sehebat itu untuk mengurangi berat badan? Inilah jawaban dari dua pakar nutrisi dan kesehatan, seperti dikutip dari Health Me Up.
Menurut pelatih fitnes Arnav Sarkar, air putih memang memegang peranan dalam proses melangsingkan tubuh yang mengalami penumpukan cairan, peningkatan asupan air putih akan membantu mengeluarkan kelebihan air melalui urin. dengan meminum beberapa gelas air sebelum makan akan membuat perut terasa lebih penuh sehingga makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi sedikit. Proses seperti itulah yang bisa membantu menurunkan berat badan.
Akan tetapi Ishi Khosla, seorang pakar nutrisi menegaskan, hanya dengan terapi minum air tidak akan membuat tubuh langsing seketika. dengan meminum banyak air putih akan membantu proses detoksifikasi dan mengurangi penumpukan cairan.

Minum air memang bisa menahan nafsu makan, tetapi tidak ada aturan harus hangat atau dingin. Tetapi menurut Ishi, cairan bersuhu hangat memang lebih bisa memberi rasa kenyang dibandingkan dengan suhu air dingin. Namun tidak lantas bisa dianggap kalau rajin minum air hangat akan berkontribusi yang besar pada penurunan berat badan. sebab biar bagaimanapun juga, harus melakukan kombinasi dengan olahraga, diet dan menjaga pola makan. setiap kali meminum air putih usahakan suhu air yang diminum hanya beberapa derajat lebih panas dari temperatur ruangan, bukan menggunakan air panas yang baru mendidih.

Air memang unsur penting untuk proses detoksifikasi tubuh, karena membantu meluruhkan toksin-toksin yang masih tersisa, namun hanya dengan minum air putih tidaklah cukup untuk proses detoks secara keseluruhan. air hangat mungkin lebih baik ketimbang air dingin, tetapi bukan berarti semua cairan yang kita minum harus hangat. dua gelas air putih hangat pun sudah cukup untuk selebihnya bisa menggunakan air dingin atau air dengan temperatur normal.
Ishi menjelaskan, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan air hangat atau dingin bisa membakar lemak. tetapi akan sangat membantu penurunan berat badan jika mengkonsumsi cairan yang rendah atau nol kalori.


Arnav mengatakan, air dingin biasanya lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang air panas. jadi jika usai berolahraga dan membutuhkan rehidrasi, maka air dingin adalah pilihan yang lebih baik. sedangkan air hangat bisa mendetoks tubuh lebih baik, jadi ia menyarankan agar mengkonsumsi cukup segelas atau dua gelas air hangat dalam sehari.